kenikmatan_kopi_manggarai

(gambar)www.florestoday.com

Kopi merupakan salah satu produksi unggulan Indonesia. Saat ini, kopi Indonesia menempati peringkat ketiga terbesar di dunia dari segi hasil produksi. Negara yang memiliki segudang sumber daya alam ini memiliki jenis kopi yang beragam dari Sabang hingga Merauke. Karena letak geografisnya yang sangat cocok difungsikan sebagai lahan perkebunan kopi, kopi di Indonesia memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakatnya.

Berbicara lebih lanjut mengenai kopi, taukah anda salah satu kopi asli Indonesia yang mampu menarik perhatian hingga ke kancah internasional yaitu kopi asal Manggarai Timur (Flores), NTT. Kopi Manggarai Timur dinobatkan menjadi kopi terbaik pada kontes kopi tahun 2015 lalu. Menurut salah satu pecinta kopi, kopi Manggarai Timur memiliki cita rasa yang khas. Kopi arabikanya dikenal memiliki citarasa asam yang murni dan bernuansa lemon serta wangi ketika dihirup. Sedangkan untuk kopi robustanya, memliki rasa yang halus dan terasa mengandung mint didalamnya.

Salah satu penyebab akan kenikmatan kopi asal manggarai Timur ini ialah karena letak geografis Manggarai Timur yang kering dan merupakan dataran tinggi, sehingga sangat cocok sebagai tempat menghasilkan jenis kopi dengan kualitas tinggi. Pada saat tertentu pula, daerah Manggarai Timur mendapatkan pengaruh angin dingin dari Australia, yang menyebabkan proses pemasakan buah menjadi sempurna.

Tidak hanya pecinta kopi dalam negeri, para pecinta kopi asing pun turut serta mengagumi kopi asal Manggarai Timur ini. Beberapa negara di Eropa seperti Belanda misalnya, telah menjadikan kopi Manggarai Timur ini sebagai daftar wajib barang yang harus dibeli dari Indonesia. Baik kopi arabika maupun robusta, kopi Manggarai Timur memiliki bau harum yang pasti tidak dapat dielakkan oleh para pecinta kopi dimanapun. Salah satu tips dalam menikmati kopi ialah ketika anda ingin mendapatkan citarasa kopi yang enak yaitu dengan mendapatkannya dari buah kopi yang matang. Dari buah matang tersebut kemudian diolah, disangrai, digiling dan terakhir barulah diseduh untuk dapat dinikmati. Rasa yang didapat akan berbeda dengan kopi yang hanya disimpan begitu saja dan sudah dalam bentuk bubuk.

Kopi Manggarai Timur saat ini memiliki pasar internasional yang cukup besar dan menjadi salah satu jenis kopi premium yang dalam deretan kopi dunia. Saat ini eksportir kopi dapat dengan mudah bertemu dengan kelompok petani kopi di Manggarai Timur. Hal tersebut memudahkan dalam pemasaran kopi yang dikenal dengan nama kopi Flores ini. Kabarnya, saat ini harga kopi Manggarai Timur berada 5 – 10% diatas pasaran harga kopi di New York, Amerika.

Peran pemerintah daerah dalam mendukung kopi Manggarai Timur ini terlihat cukup baik. Bahkan, kopi Manggarai Timur sudah identik menjadi salah satu oleh-oleh khas bagi masyarakat. Namun terdapat beberapa catatan yang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah dalam hal kualitas dan kuantitas kopi Manggarai Timur sendiri. Kesemuanya dibutuhkan dukungan dari program pemerintah sehingga dapat menjadi suatu paket komplit dalam upaya memperkenalkan Manggarai maupun NTT secara umum lebih luas. Dibutuhkan perpaduan antara pemerintah sebagai motivator sekaligus fasilitator dan kelompok petani dalam menjaga, memelihara serta mengembangkan tanaman kopi asli Manggarai. Pembinaan lebih lanjut dibutuhkan bagi para petani dalam mengolah kopi hasil dari kebun mereka agar memiliki daya tarik dan nilai tambah dari segi pemasaran. Sehingga nantinya diharapkan kopi asli Manggarai Timur dapat menjadi ikon utama pertanian Manggarai yang selalu diburu.