Pada hari Selasa tanggal 28 Juni 2016 yang lalu, Tenunkoe mengadakan sebuah focus group discussion sebagai bagian dari rangkaian kegiatan market research untuk membantu memperbaiki produk dan pelayanan Tenunkoe. FGD dilaksanakan bersamaan dengan acara buka puasa di Creo House, Kemang dan diikuti oleh 8 orang peserta 7 orang perempuan dan 1 orang laki-laki.

Tujuan FGD ini adalah riset pasar yang lebih komprehensif untuk mendapatkan masukan dan pertimbangan dari khalayak umum (sesuai target pasar Tenunkoe) mengenai jenis produk, gaya produk, trend produk dan tingkat kualitas produk yang diinginkan/diharapkan oleh para calon pembeli produk-produk Tenunkoe.

_MG_8280

Alasan kenapa metode ini yang dipilih karena memudahkan mencari data: Perempuan usia 18-45 yang suka belanja online sebagai target utama. Diperlukan opini dan masukan dari mereka untuk menentukan penjualan produk ke depan; dan poin-poin dan pendapat responden menjadi insight utama untuk memperbaiki produk dan servis Tenunkoe

Acara berlangsung dengan lancar dan diawali dengan buka puasa bersama dan perkenalan program serta produk-produk Tenunkoe, setelah itu peserta diminta berdiskusi dan memberikan pendapat dalam beberapa topic yaitu: Produk, harga, ragam produk, desain, brand, competitor, dan cara pemasaran.

_MG_8275

 

_MG_8274

Hasil yang didapatkan dari FGD Tenunkoe yang pertama diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan produk yang berikutnya, terutama dari segi pemilihan warna dan pengembangan lini produk baru yang memperhatikan target pasar dan ceruk-ceruk pasar yang lebih spesifik.

Selain itu masukan untuk memperluas kerjasama dengan beragam online marketplaces di luar yang identic dengan art and craft dan lebih popular seperti lazada dan zalora juga patut dipertimbangkan, tentunya dengan menyesuaikan kapasitas dan kualitas produksi terlebih dahulu.

Masukan lain yang perlu digarisbawahi adalah kebutuhan untuk menyatukan identitas Tenunkoe sebagai sebuah brand dan perlunya arahan kreatif yang teratur di bawah creative/art direction yang sesuai.

_MG_8286